15/12/14

Hadis Jangan Sobong Dan Berlebihan

قال رسول الله صلي الله عليه وسلم: كلواواشربواوتصدقواوالبسوا في غير مخيلة ولاسرف ان الله يحب ان تري نعمته علي عبده (رواه احمد)
Rasulullah Saw., bersabda: "makanlah, minumlah, bersedekahlah, dan berpakaianlah kamu sekalian dengan tidak sombong dan berlebihan. Karena sesungguhnya Allah senang jika nikmat-Nya kepada hamba-Nya ditampakkan." (H.R. Ahmad)
Hadis di atas merupakan perintah bersyarat dari Rasulullah Saw., terhadap umat Islam. Kalimat yang berbentuk perintah namun digarisbawahi dengan beberapa persyaratan, dipahami oleh penulis sebagai bentuk pelegitimasian suatu hal. Maknanya, diperbolehkan bagi umat Islam untuk makan, minum, bersedekah, dan berpakaian. Namun, bersyarat.
Diperbolehkan untuk memakan makanan dan meminum minuman yang dimiliki dengan syarat tidak sombong dan tidak berlebihan. Diperbolehkan bersedekah, mengulurkan tangan, membantu orang lain yang sedang mengalami kesusahan; bahkan dalam beberapa literatur hadis, Nabi menganjurkan. Dengan syarat, tidak berniat untuk sombong, ingin dilihat orang, juga hendaknya tidak melupakan kebutuhan diri sendiri, tidak berlebihan dalam menyumbangkan harta sehingga membuat diri sendiri kesulitan untuk bertahan hidup.
Diperbolehkan memakai pakaian yang ada, dengan syarat tidak sombong dan tidak pula berlebih-lebihan. Secara eksplisit Alquranpun mengisyaratkan agar memakai pakaian yang baik ketika hendak  memasuki masjid. Namun, sekali lagi dengan tidak sombong dan tidak berlebihan.

Allah senang nikmat-Nya yang diberikan kepada hamba-Nya ditampakkan. Maknanya, sebagai rasa syukur seorang muslim atas apa yang ia miliki, tidak salah jika ia menampakkannya. Sekali lagi dengan syarat tidak untuk sombong atau berlebihan. 28-11-14

0 komentar: